Kisah Mall Terangker Seindonesia 2020

Kisah Mall Terangker Seindonesia 2020

Beberapa mall angker ini tersedia yang mempunyai histori kelam di jaman 1998.

Pusat perbelanjaan atau mall kini jadi keliru satu obyek yang paling diminati masyarakat. Apalagi di jaman pandemi, mall seakan jadi obyek untuk membebaskan penat kala tidak mampu plesir ke tempat wisata.

Namun ternyata di balik kemegahan mall, tersedia segi kelam (mall angker) yang mengiringi pembangunan dan kejadian histori mall tersebut. Cerita horor ini terus menerus dari generasi ke generasi.

Baca juga: Viral muda-mudi nongkrong di mall: Yang di pinggiran nggak usah temenan

Dirangkum dari berbagai sumber, tersedia sejumlah mall angker di kota-kota besar di Indonesia ternyata menaruh cerita horor dan mistis di baliknya.

Ada yang masih beroperasi, dan tersedia pula yang telah tutup. Nah sebelum HOPS menjelaskan nama mall-nya, anda mesti tahu jika kisah horor yang menyelimuti mall ini cuma berdasarkan legenda urban yang beredar dari mulut ke mulut ya, belum terhitung terbukti kebenarannya.

Di kota mana sajakah mall yang mempunyai kisah horor di Indonesia? Berikut ini 9 mal di Indonesia yang diliputi kisah horor.
Mal Internusa Bogor atau Pangrango Plaza

Pada awal th. 1990-an, mall Internusa merupakan keliru satu mal terbesar di kota bogor. Kala itu belum banyak mal yang berdiri di bogor.

Di th. 1996 mall ini mengalami kebakaran untuk kesekian kalinya. Tapi kebakaran besar kala itu hampir menghentikan bisnis mereka. Bagian depan mall terbengkalai, tapi kesibukan menjual membeli masih terjadi di belakang mal yang dulunya adalah tempat parkir.

Beberapa th. kemudian, mall itu lagi dibangun dan berubah nama jadi Pangrango Plaza. Namun sayangnya sejak dibikin bangunan baru, mall ini kurang diminati dan kelanjutannya lagi terbengkalai.

Sejak itu banyak orang yang mengalami perihal mistis. Beberapa saksi menyebut menyaksikan sosok hitam yang menggagangu.
Mall
Mall Foto: Pixabay
Sun Plaza – Medan

Mall di Medan ini jadi keliru satu tempat angker yang ditakuti. Kisah bermula dari adanya moment bunuh diri hingga pembunuhan pada th. 2006 dan 2014 silam.

Mal berlantai enam di Medan ini pun memberi tambahan situasi mencekam. Banyak pengunjung mulai seolah diikuti oleh satpam padahal tidak tersedia sosoknya. Bukan cuma itu, pengunjung terhitung kerap mendengar suara-suara tak wajar.
Yogya Department Store (Mal Klender) – Jakarta

Nama Yogya Department Store atau mal di kawasan Klender Jakarta Timur ini sesungguhnya dikenal sebagai mal yang mempunyai histori kelam. Pasalnya mall ini jadi wilayah tragedi Mei 1998.

Kala itu terjadi penjarahan dan pengerusakan. Mall Klender ini sengaja dibakar oleh oknum, kala pada kala itu mall tersebut masih banyak pengunjung dan karyawan.

Kebakaran tersebut memakan banyak korban jiwa. Usai kebakaran, banyak orang yang mengaku mengalami perihal mistis layaknya menyaksikan penampakan sosok gaib, mendengar suara minta tolong, dan lain-lain.
Mega Mall (Supermall Karawaci) – Tangerang

Pada th. 1998, tak cuma mall Klender yang jadi sasaran pembakaran bangunan. Mega Mall atau Supermall Karawaci di Tangerang terhitung jadi saksi bisu kerusuhan 1998. Mall tersebut jadi wilayah penjarahan sekaligus kerusuhan hingga pembakaran.

Mega Mall ini jadi mal pertama di kawasan Tangerang. Tak heran apabila banyak orang yang datang. Saat kejadian berlangsung, situasi mall ramai. Sementara para oknum penjarah ini begitu beringas mengambil barang-barang mewah hingga membakarnya.
Mitra Plaza – Banjarmasin

Mitra Plaza di Banjarmasin, Kalimantan Selatan jadi saksi bisu dari kerusuhan Mei 1997 silam. Kejadian yang terjadi pada 23 Mei 1997 ini jadi hari penuh darah usai dilaksanakannya kampanye pemilu legislatif. Konflik antarpendukung partai pun tak terbendung hingga menyebabkan korban jiwa.

Tak cuma kucuran darah yang muncul, beberapa bangunan ibadah layaknya gereja, sekolah, tempat tinggal panti jompo, kantor pemerintahan, hingga mall Mitra Plaza jadi amukan masa. Gedung-gedung tersebut dibakar jaman dan dijarah. Ratusan pengunjung mall pun jadi korban kebakaran.
Slipi Jaya Mall – Jakarta

Salah satu mal di bilangan Slipi Jakarta Barat ini sekilas nampak layaknya bangunan lazim lainnya. Namun layaknya mal sebelumnya, Slipi Jaya Mall terhitung jadi sasaran kerusuhan th. 1998.

Konon makhluk gaib yang puas terlihat ini adalah arwah korban kerusuhan. Tak cuma satu cerita, banyak cerita yang terlihat dari mulut ke mulut di mana mereka menyaksikan bagian tubuh manusia yang terbakar di mall.
Ambarukmo Plaza – Yogyakarta

Mal besar di Yogyakarta, Ambarukmo Plaza atau akrab disebut Amplaz ini dulunya adalah tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono VII.

Tempat tersebut dulunya bernama Pesanggrahan Ngambarrukmo. Sebelumnya, lahan tersebut layaknya hutan belantara tapi bersamaan pertumbuhan zaman, mulai dibangun gedung. Kabarnya tak sedikit orang yang sempat menyaksikan penampakan makhluk gaib di Amplaz.
Ilustrasi makhluk halus
Ilustrasi makhluk halus. Foto: Sergey Gricanov dari Pixabay
Royal Plaza – Surabaya

Mall moderen ini menaruh banyak kisah yang menyeramkan penuh misteri. Dirunut ke belakang, dahulu tersedia bangunan hotel Beringin Permai yang terbengkalai.

Berawal dari situ, mulai terlihat kisah-kisah misteri di mana bangunan tersebut kerap dijadikan wilayah untuk melacak pesugihan dan pusaka.

Ada pula yang menjelaskan Royal Plaza ini merupakan istana hantu yang terlalu mengerikan. Dahulu di sekeliling gedung banyak tumbuh ilalang yang kerap terlihat penampakan orang berbaris bak karnaval jubah hitam. Setelah dilihat lagi, sosok tersebut hilang dari peredaran.

Baca juga: Mall Taman Anggrek dijual Rp17 Trilliun, pengelola angkat bicara
Delta Plaza – Surabaya

Salah satu mall di Surabaya dikenal mempunyai cerita horor yang mengiringi perjalanannya. Mall megah di Jalan Pemuda Surabaya, Delta Plaza Surabaya ini ternyata mempunyai kisah menyeramkan. Gedung perbelanjaan ini th. 1980-an merupakan sebuah tempat tinggal sakit bernama Rumah Sakit Simpang atau Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ).

Rumah Sakit Simpang jadi tempat tinggal sakit yang mengatasi korban pertempuran di Surabaya. Konon kisah seram ini bermula dari adanya suster atau perawat yang tewas terjepit lift.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *